Tips Berobat ke Rumah Sakit Terdekat untuk Pasien Corona


Pada dasarnya virus yang menyerang pernapasan manusia sudah ada sejak zaman dahulu, mulai dari flu burung, kemudian juga ada flu babi, MERS sampai dengan SARS yang pernah mewabah beberapa tahun lalu. Hanya ia senantiasa mengalami mutasi, sehingga kemudian memunculkan jenis baru. seperti diantaranya yang menjadi pandemi beberapa bulan terakhir ini yaitu Corona. Tentunya bukan nama yang baru lagi di telinga Anda bukan. Mengingat hampir setiap hari media memberitakannya. Juga berbagai himbauan yang dilakukan oleh pemerintah agar masyarakat tidak sampai terserang. Nyatanya pemerintah sendiri juga sudah mulai mempersiapkan rumah sakit terdekat sebagai rujukan untuk pengobatan pasien Covid 19 ini.

Berbagai jenis kebijakan nyatanya memang telah diambil oleh pemerintah terkait dengan kondisi gawat darurat semacam ini. Namun tidak ada bentuk atau gerakan yang dilakukan oleh masyarakat secara nyata, tentunya tidak akan membuahkan hasil. Untuk itu maka alangkah baiknya bagi kita semua untuk mengikuti apa saja instruksi yang diberikan oleh pemerintah, jika seandainya memang tidak ingin tterserang penyakit tersebut. Mengingat angka kematian yang disebabkannya semakin lama juga semakin besar.

Berikut ini diantaranya tips bagi Anda yang memang ingin berobat ke rumah sakit rujukan Covid 19 tersebut, sehingga tidak salah kaprah, yaitu:

1. Pastikan bahwa Anda mengenali atau merasakan gejala penyakit Covid 19 itu terlebih dahulu, ini adalah bagian utama dan memang terpenting yang harus dilakukan. yaitu deteksi dini, mengingat gejala Corona ini mirip seperti flu pada umumnya, sehingga tak jarang diantaranya yang tidak bisa membedakan apakah terkena flu dan juga Corona, untuk itu harus dilakukan deteksi dini terlebih dahulu. 3 gejala awal diantaranya adalah demam tinggi di atas 38 derajat Celcius, kemudian disertai dengan batuk kering dan juga sesak napas.

2. Sebisa mungkin mengisolasi diri di rumah terlebih dahulu, mengapa hal ini patut untuk dilakukan? yaitu agar tidak menyebarkan penyakit tersebut kepada orang lain yang ada di sekitar Anda, apalagi yang sehat. Mengingat memang tidak bisa dipungkiri jika seandainya persebaran dari penyakit tersebut terbilang sangatlah cepat.

3. Datang secara mandiri ke rumah sakit rujukan, jika seandainya Anda sudah mulai merasakan gejala-gejala Covid 19, kemudian sebelumnya bepergian ke negara yang memang terkena wabah tersebut, ataupun bagi Anda yang pernah melakukan kontak secara langsung dengan penderita, datanglah ke rumah sakit, gunakan masker dan sarung tangan demi keamanan bersama.

4. Menghubungi call center 119, jika seandainya tidak memungkinkan untuk datang berobat sendiri secara langsung, apalagi bagi Anda yang memang kondisinya sudah cukup parah, langkah paling aman adalah dengan menghubungi pihak 119 yang nantinya akan datang ke rumah Anda.

5. Ikuti semua petunjuk atau anjuran yang diberikan kepada dokter, mulai diantaranya adalah tahap pengecekan atau tes sampai dengan isolasi jika seandainya sudah dinyatakan positif. Sedangkan bagi Anda yang dinyatakan negatif ada baiknya untuk melakukan isolasi sendiri di rumah dan tetap bed rest sehingga nantinya akan mempercepat penyembuhan.

Hingga sekarang setidaknya tercatat lebih dari 130 rumah sakit terdekat yang digunakan sebagai rujukan untuk pasien Covid 19. Tidak perlu khawatir juga mengingat pada dasarnya seluruh biaya kesehatan tersebut ditanggung oleh Menkes, jadi sayangi diri sendiri dan juga orang-orang tercinta dengan segera menjalani langkah pengobatan agar tidak bertambah buruk kondisinya.

0 comments

Post a Comment

Komenlah yang bijak dan bermanfaat. No spam!