6 Langkah Memastikan Keamanan Anda Ketika Memperbaiki Listrik Rumah


Bagi beberapa orang, hal pertama yang akan mereka lakukan ketika mengalami masalah kelistrikan adalah mengecek sendiri sumber kerusakan tersebut. Memang, untuk beberapa kasus, Anda tidak memerlukan bantuan tukang listrik yang terlatih, namun jika Anda lalai dan tidak berhati-hati, bahaya besar bisa saja  sedang mengintai Anda.

 Listrik merupakan salah satu unsur energi terpenting di rumah Anda. Tanpanya, Anda mungkin tidak akan dapat bertahan hidup meskipun rumah Anda tampak begitu mewah dari bagian eksterior maupun interiornya. Untuk itu, mungkin saat ini hampir tidak dapat Anda temui rumah di mana di dalamnya tidak tersuplai energi listrik.

Kehadirannya yang sudah biasa ini tidak lantas membuat listrik tidak membawa resiko apapun bagi Anda dan keluarga. Ketika ada bagian listrik di rumah Anda yang mengalami masalah dan Anda memutuskan untuk mengecek masalah tersebut seorang diri, pastikan Anda selalu mengambil langkah dengan penuh kehati-hatian, bahkan jika Anda hanya sekadar mengganti lampu yang mati. Ada begitu banyak teknik dan tips-tips keselamatan yang dapat Anda ikuti untuk memastikan Anda selalu aman ketikan melakukan segala pekerjaan kelistrikan apapun.

Mari lihat beberapa teknik dan tips tersebut!

1. Sadar akan keselamatan Anda
Hal paling utama yang harus Anda lakukan sebelum memulai segala pekerjaan yang menyangkut kelistrikan di rumah Anda adalah menyadari betapa pentingnya unsur keselamatan dan keamanan diri. Tersetrum listrik bisa jadi hal yang sangat berbahaya bahkan mematikan bagi Anda.

Ketahui dengan pasti langkah apa saja yang harus Anda lakukan, dan lakukanlah dengan penuh kehati-hatian, tak perlu terburu-buru. Ketika Anda terburu-buru, Anda mungkin hilang fokus dan hal tersebut dapat memperbesar resiko terjadinya kecelakaan.

2. Matikan sumber power
Selalu matikan seluruh suplai listrik yang mungkin mengalir pada sebuah peralatan elektronik sebelum Anda memulai sebuah pekerjaan kelistrikan. Kelalaian akan langkah ini bisa menjadi amat fatal bagi diri Anda. Aliran listrik yang masih mengalir berpotensi mengakibatkan Anda tersetrum.

3. Tes menggunakan tespen
Setelah mencabut kabel power dari sumber listrik, atapun mematikan sumber listrik utama, jangan langsung memegang sirkuit maupun segala komponen kelistrikan dengan tangan kosong. Cek sekali lagi bahwa tidak ada energi listrik yang mengalir pada perangkat yang akan Anda sentuh dengan menggunakan tespen terlebih dahulu.

Tespen merupakan sebuah alat yang berbentuk seperti obeng, yang digunakan untuk mendeteksi ada atau tidaknya aliran listrik pada suatu sumber atau sirkuit listrik. Jika bagian atasnya menyala, maka tandanya masih ada listrik yang mengalir pada perangkat tersebut, jadi sebaiknya Anda memeriksa sekali lagi seluruh rangkaian listrik utama, apakah semuanya telah mati sepenuhnya. Ketika Anda memeriksanya kembali dan lampu di tespen tidak menyala, berarti itu tandanya Anda sudah aman untuk menyentuhnya dan memulai pekerjaan Anda.

4. Jangan gunakan tangga terbuat dari logam
Beberapa masalah kelistrikan bisa saja terjadi di bagian rumah yang sulit dijangkau tanpa bantuan tangga. Ada begitu banyak jenis tangga yang beredar di pasaran, dari yang bermaterial kayu sampai besi dan logam lainnya. Mungkin beberapa orang tidak akan begitu memperhatikan hal ini, namun hindari menggunakan tangga yang terbuat dari logam dan bahan-bahan konduktor listrik lainnya seperti besi atau baja ketika melakukan pekerjaan listrik. Gunakan tangga dengan material induktor seperti kayu ataupun fiberglass terinsulasi.

5. Hindari lokasi basah
Hal selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah untuk tidak melakukan pekerjaan kelistrikan apapun di daerah yang lembab atau basah. Jauhi minuman atau segala elemen cair dari lokasi pekerjaan Anda. Apabila Anda mendapati kerusakan listrik berada di area kamar mandi, urungkan niat Anda untuk memperbaikinya seorang diri, dan segeralah telepon teknisi ahli.

6. Pasang label peringatan
Ketika melakukan pekerjaan kelistrikan, Anda harus juga memikirkan keselamatan orang lain di samping diri Anda sendiri. Untuk itu, baiknya Anda memasang label peringatan di sekitar unit yang bermasalah untuk menandakan bahwa area tersebut sedang rusak dan tidak dapat digunakan untuk sementara waktu.

Nah, itulah beberapa tips mudah dan aman yang dapat Anda praktekkan sebelum melakukan pekerjaan kelistrikan apapun di rumah Anda.

0 comments

Post a Comment

Komenlah yang bijak dan bermanfaat. No spam!